Site icon Denai Cahaya Malam

Review RAM Laptop V-Gen Platinum 4GB

Permasalahan laptop yang sering dialami biasanya berupa laptop yang mudah lemot. Hal ini bisa disebabkan oleh banyaknya mengunduh aplikasi atau menyimpan banyak gambar hingga video. Jika terlalu sering terjadi, tentunya akan sangat menjengkelkan. Namun, permasalahan ini dapat di atasi dengan cara mengganti RAM laptop.

Hal tersebut seperti yang pernah saya lakukan pada laptop Acer Aspire ES 11 yang saya miliki. Laptop ini memiliki kapasitas RAM bawaan hanya sekitar 2 GB dan saya menggantinya dengan membeli RAM Laptop V-Gen SODimm DDR3/DDR3L berkapasitas 4GB.

Dengan begitu, kecepatan dari RAM laptop saya akan lebih ngebut dan tentunya kapasitasnya juga bertambah menjadi total 6GB.

Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Mengganti RAM Laptop

Sebelum memutuskan untuk menambah RAM laptop bawaan, sebaiknya kamu mencari tahu dulu  review laptop yang dimiliki. Pasalnya tidak semua dapat diganti RAM nya. Adapun yang memungkinkan hanyalah laptop yang memiliki shortcut bawaan dan sudah terpasang di dalamnya.

Baca Juga: Pengalaman Menggunakan TWS VIVAN LIBERTY T200

Seperti laptop saya ini, tipe Acer Aspire ES 11 – ES1-132-C1LL tahun 2019 yang dapat ditambah RAM nya sampai maksimal 8 GB, sehingga total RAM didapat yakni 10 GB. Hanya saja untuk saat ini, saya belum terlalu perlu menggantinya sampai kapasitas tersebut. Dengan hanya 6GB saja, sudah cukup ngebut. Di samping itu, menurut saya ada hal lain juga yang perlu diperhatikan di antaranya akan terangkum di bawah ini.

1. Ketahui jenis dari RAM yang dibeli

Saat sudah mengetahui laptop kamu memiliki shortcut RAM tambahan, poin selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah jenis dan tipe RAM yang dibeli. Khususnya untuk laptop jenis saya harus memilih tipe SODimm DDR3/DDR3L, karena jika bukan tipe ini kemungkinan akan error dan tidak bisa terpakai.

2. Perhatikan juga voltage nya

Kemudian dari sisi voltage-nya juga harus dilihat, untuk tipe laptop Acer Aspire ES 11, kamu bisa memilih voltagenya 1.5V / 1.35 V(Low voltage). Usahakan jangan salah pilih juga sebab beberapa ada yang voltagenya berbeda.

3. Belilah dari toko yang resmi agar awet dan bergaransi

Kebanyakan dari kita kalau mencari RAM langsung menjadikan toko online sebagai rujukan harga. Lantaran di sanalah ada banyak penjual yang menawarkan produknya dengan harga yang murah dan review bintang 5.

RAM Laptop Samsung Palsu yang Error

Sayangnya sebelum membeli RAM V-Gen dari toko resmi bercentang biru, saya sempat membeli RAM di toko online dengan merek Samsung. Hal yang membuat saya tertarik membeli adalah harganya yang sangat murah yakni Rp 80 ribu dengan kapasitas 4GB dan review 4.9 dari 4.2 ribu pembelian.

Setelah saya buka RAM nya dan coba di setting di laptop ternyata RAM nya tidak terbaca sama sekali dan error. Untungnya saat itu, saya belum mengonfirmasi pembelian selesai, sehingga bisa mengajukan pengembalian.

Kemudian karena trauma terjadi hal yang sama, saya memutuskan membeli RAM V-Gen asli saja di toko online resmi Tokopedia. Harganya tidak beda jauh dengan produk di atas, yakni Rp 144 ribu.

Dengan membeli RAM di sini ada ketenangan dan kepuasaan yang dirasakan karena jika suatu hari rusak sudah memiliki garansi, kualitasnya terjamin asli sehingga kecepatan laptop bisa lebih ngebut.

Nah, jika kamu berminat ingin membeli RAM dengan tipe dan jenis yang sama, kamu bisa membelinya di sini ya https://tokopedia.link/AtbTCpUdADb. Ada banyak diskon yang bisa dinikmati dengan membelinya langsung dari Tokopedia. Selain itu, jika masih bingung terkait bagaimana cara mengganti RAM laptop, kamu bisa mengikuti tutorial yang saya sematkan di bawah ini.

 

Alhamdulillah, sejak diganti RAM nya keuntungan saya adalah bisa membuka aplikasi di laptop dengan cepat,  bisa mengakes lebih banyak aplikasi berat seperti browser hingga Adobe Premier.

Terimakasih sudah membaca ulasan ini, semoga bermanfaat.  Jika kamu memiliki pertanyaan terkait hal di atas, jangan lupa untuk ditanyakan langsung pada kolom komentar ya!

Exit mobile version