Site icon Denai Cahaya Malam

5 Cara Mengamankan WordPress Dari Modus Peretasan

Sebagai salah satu platform Content Management System (CMS) yang populer, ternyata WordPress memiliki banyak kerentanan terhadap peretas.  Merujuk pada data WP White Security menunjukkan bila hampir 70 persen situs populer WordPress yang masuk dalam jajaran tertinggi di Alexa rentan terhadap peretasan. 

Supaya hal ini tidak terjadi kepada situs WordPress mu, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan sebagai bagian dari cara mengamankan WordPress.  

Kenapa sistem keamanan WordPress rentan? 

Dilansir dari salah satu website ada berbagai macam faktor kenapa CMS WordPress mengalami kerentanan. Beberapa kerentanan tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa aktivitas ini. 

Lambat laun bila berbagai kerentanan ini dibiarkan maka peretas bisa saja mencuri informasi pengguna, mendistribusikan malware bahkan yang lebih parah lagi bisa membuat pendapatan kamu menurun dan memperburuk reputasi situs. 

Oleh sebab itu, sebaiknya kerentanan ini tidak dibiarkan begitu saja, diperlukan upaya untuk mengamankan website WordPress kamu. 

Cara Mengamankan WordPress

Cara mengamankan website WordPress adalah dengan menggunakan password yang kuat

 

Perlu diingat bahwa dalam cara mengamankan WordPress tidak sepenuhnya menjamin tidak adanya ancaman kerentanan sama sekali. Melainkan upaya ini dilakukan untuk mengurangi risiko yang lebih besar dari kerentanan tersebut. Adapun cara mengamankan website WordPress yang bisa kamu lakukan sebagai berikut. 

1. Menggunakan Password yang Kuat

Periksa kembali beberapa hal yang mungkin membuat password WordPress mudah ditebak. Bisa jadi karena menggunakan password berdasarkan tanggal lahir, nomor urut yang teratur atau nama orang yang kamu sayangi.  Usahakan untuk tidak menggunakan password dalam bentuk tersebut serta membuat password yang berbeda diberbagai platform yang kamu miliki. 

Kamu bisa mengubah password tersebut menjadi lebih sulit untuk ditebak dengan menggunakan kombinasi huruf, angka dan simbol dalam password. Perubahan password ini juga sebaiknya tidak hanya diterapkan dalam akun admin WordPress saja, tetapi digunakan pula untuk akun hosting WordPress, alamat email, database hingga akun FTP. 

Baca juga: Cara Bikin Password Agar Sulit Dibobol Hacker

2. Perbaharui WordPress dengan Versi Terbaru

Salah satu faktor rentannya keamanan WordPress adalah karena banyak pengguna menggunakan versi WordPress yang lawas. Padahal versi ini sangat mudah sekali disusupi oleh peretas. Supaya hal ini tidak terjadi, usahakan untuk selalu memperbaharui versi core WordPress termasuk plugin dan temanya. Dengan begitu ini bisa memperbaiki bug dan meningkatkan keamanan situs. 

3. Pilih Hosting Terbaik

Cara mengamankan WordPress lainnya yang perlu diperhatikan adalah dengan selalu memilih penyedia hosting terbaik. Biasanya penyedia hosting terbaik ini memiliki berbagai fitur keamanan untuk melindungi situs. Jadi, ulik lebih dalam tentang hosting yang akan kamu beli apakah mereka menawarkan jaminan keamanan yang cukup atau tidak. 

4. Instal Pencadangan Pada WordPress

Pencadangan data pada WordPress memungkinkan kamu memulihkan platform WordPress dengan cepat bila terjadi masalah keamanan. 

Kamu bisa memilih beberapa plugin backup WordPress yang tersedia baik gratis maupun berbayar. Beberapa rekomendasi plugin tersebut seperti VaultPress, BackupBuddy, Blogvault, Duplicator, UpdraftPlus dan lain-lain.

Akan tetapi ketika kamu melakukan backup, ada baiknya mencadangkan seluruh data situs di platform selain penyimpanan hosting. Simpanlah data tersebut di Dropbox, Amazon cloud atau cloud pribadi seperti Stash.

5. Membatasi upaya masuk akun WordPress 

Dalam pengaturan default kamu bisa masuk ke akun WordPress sebanyak yang kamu inginkan. Namun, ini sebenarnya berbahaya karena peretas akan mencoba untuk memecahkan password yang kamu miliki. 

Oleh karena itu, sebaiknya batasi upaya masuk ke akun WordPress tersebut dengan menggunakan plugin lockdown.  Untuk menggunakannya ikuti petunjuk di bawah ini.  

Dengan upaya ini bisa membatasi upaya login yang akan dilakukan oleh peretas terhadap akun WordPress-mu. 

Baca juga: Pake lagi kamera analog yuk!

Kesimpulan 

Menyadari modus peretasan situs WordPress lebih awal jadi langkah yang lebih untuk kamu lakukan. Sebab dengan melakukan lima cara mengamankan WordPress tersebut ini bisa membantu kamu meminimalisir peluang terjadinya peretasan. 

Exit mobile version