Site icon Denai Cahaya Malam

5 Keuntungan Tinggal di Jakarta Pusat

5 Keuntungan Tinggal di Jakarta Pusat

Menetap di ibukota khususnya di kawasan Jakarta Pusat memiliki kelebihan tersendiri. Pasalnya infrastruktur di Jakarta Pusat terbilang cepat berkembang, dibanding kawasan lainnya. Bila kamu ingin tahu apa saja keuntungan tinggal di Jakarta Pusat dibanding dengan kota lainnya di Jakarta, kamu bisa membaca ulasan ini.

1. Pusat Kota dan Pemerintahan

Jakarta Pusat sebagai sentral pemerintahan dan ibukota

Sebagaimana kita tahu bahwa Provinsi Jakarta terdiri dari lima wilayah, yakni Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Selatan.

Di dalam peta kamu bisa melihat bahwa, Jakarta Pusat terletak di sentral jantung ibu kota yang sangat strategis.

Di sini terdapat banyak gedung penting pemerintahan seperti Balaikota Jakarta yang ada di kawasan Medan Merdeka Selatan, gedung kementerian hingga Istana Presiden yang ada di kawasan Medan Merdeka Utara.

Baca juga: Review Trip Green Canyon Pangandaran

2. Pusat Wisata dan Sejarah

Terdapat banyak tempat wisata dan sejarah di Jakarta Pusat

Tak perlu bingung saat kamu merasa penat, pasalnya keuntungan lain tinggal di Jakarta Pusat adalah terdapat banyak sentral wisata dan sejarah. Beberapa wisata yang terkenal di wilayah ini seperti,

  • Monumen Nasional (Monas) yang menjadi ikon kota Jakarta dan sebagai simbol sejarah perjuangan dan perlawanan rakyat merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah.
  • Kota Tua juga memiliki banyak bangunan bersejarah di sekelilingnya seperti Museum Fatahillah, Museum Mandiri, Museum Wayang, Museum Seni rupa dan Keramik.
  • Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral juga menjadi pilihan wisata rohani yang saling berhadapan satu sama lain terletak di kawasan Sawah Besar.
  • Museum Gajah yang diisi dengan berbagai macam koleksi sejarah yang berjumlah sekitar 140.000 koleksi, mulai dari zaman pra sejarah, kerajaan hingga Indonesia merdeka.
  • Taman Ismail Marzuki juga bisa menjadi pilihan yang tepat, saat ingin melihat pertunjukkan seni seperti orkestra, pameran, galeri hingga terdapat juga bangunan planetarium.

3. Pusat Mall Elit Berada

Salah satu mall elit di Jakarta Pusat yakni Plaza Indonesia

Tidak hanya memiliki spot wisata dan sejarah yang lengkap, Jakarta Pusat juga dikelilingi oleh mall-mall elit yang bisa kamu jadikan pilihan untuk hang out di akhir pekan.

Adapun deretan mall di wilayah ini seperti Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Senayan City, Thamrin City, Tanah Abang dan Plaza Atrium.
Sehingga bila kamu jenuh di rumah, kamu bisa pergi ke salah satu mall di atas untuk menyegarkan pikiran.

4. Akses yang Dekat ke Berbagai Wilayah Penyangga Jakarta

Sebagai tempat tinggal Jakarta Pusat memiliki akses transportasi yang banyak


Salah satu hal penting yang kerap dipikirkan ketika mencari tempat tinggal adalah keberadaan akses transportasi yang banyak. Hampir semua wilayah di Jakarta Pusat telah terhubung dengan busway atau Trans Jakarta.

Bahkan di Jakarta Pusat juga menjadi sentral keberadaan Trans Jakarta di ibukota yakni di Sentral Harmoni. Dari sana kamu bisa pergi kemanapun untuk menuju kota-kota lain di penyangga ibu kota.

Di samping mudahnya akses busway, wilayah Jakarta Pusat juga sudah terhubung dengan jalur Commuter Line yang menghubungkan stasiun Jakarta Kota atau Tanah Abang dengan kota-kota di Jabodetabek lainnya.

Dan jangan lupa juga, bahwa wilayah pusat sudah memiliki akses MRT yang menghubungkan wilayah Lebak Bulus Jakarta Selatan dan Bundaran HI.

Baca juga: Trip Berkeliling di Rangkasbitung Museum Multatuli & Masjid Al Araf

5. Pusat Perkantoran

Wilayah ini dikelilingi oleh perkantoran

Mulai dari kantor pemerintahan yang banyak terdapat di sekitar Medan Merdeka Selatan dan Medan Merdeka Utara, kemudian perkantoran swasta di sekitar Thamrin, Pejambon, Kebon Sirih dan sebagainya.

Dengan mengetahui beberapa kelebihan di atas, tidak heran bila Jakarta Pusat bisa menjadi pilihan tempat tinggal yang nyaman. Kamu bisa menetap di wilayah ini di sekitaran Menteng, Salemba atau mungkin Cempaka Putih.

Sehingga dengan tinggal di Jakarta Pusat, kamu bisa lebih dekat dengan kantormu dan tidak perlu membuang waktu lama di jalan. Daftar terakhir dari keuntungan tinggal di Jakarta Pusat yang mungkin belum terpikir adalah dekatnya wilayah ini dengan pusat kantor yang ada di sekitarnya.

Exit mobile version