Site icon Denai Cahaya Malam

Apa Itu Portofolio dan Contohnya

Apa Itu Portofolio dan Contohnya

Setiap orang yang bekerja terutama di bidang kreatif, tentu memiliki portofolio. Portofolio ini berguna untuk memberitahu perekrut tentang contoh pekerjaan yang pernah dilakukan.

Sehingga dengan begitu, perekrut bisa melihat kesesuaian pekerjaan yang dilamar berdasarkan pada proyek atau pekerjaan yang telah dilakukan.

Apa Itu Portofolio?

Dikutip dari Thebalancecareers portolio adalah kumpulan contoh pekerjaan terbaik yang berasal dari kandidat. Umumnya jenis portofolio ini bisa diberikan dalam bentuk hard copy dengan cara di print. Namun, saat ini lebih cenderung modern yakni berupa soft copy atau portofolio online.

Jika anda melamar pekerjaan dengan cara offline atau datang langsung ke kantor perekrut maka lebih disarankan untuk memberikan portofolio dalam bentuk kertas yang sudah diprint.

Akan tetapi, bila anda melamar pekerjaan dengan cara online maka biasanya portofolio ini dilampirkan berbarengan dengan curicullum vitae dan dokumen penunjang lainnya.

Baca juga: Tips menjawab email panggilan interview supaya terlihat profesional

Seberapa Efektif Portofolio Bagi Pencari Kerja?

Dibanding dengan mereka yang tidak menyertakan portofolio ketika melamar kerja, kemungkinan orang yang menyertakan portofolio lebih besar untuk direkrut atau diajak berkolaborasi.

Sebab, dengan begitu perekrut atau klien sudah bisa mendapat gambaran model proyek apa saja yang pernah dilakukan oleh anda. Jadi, bila ditanya seberapa efektif portofolio ini, tentu ini sangat efektif sebagai bukti bahwa anda pernah terlibat dalam beberapa proyek.

Dimana memang umumnya, seperti sempat disinggung di atas bahwa pekerjaan yang melampirkan portofolio biasanya bergerak dalam bidang kreatif seperti penulis, designer, fotografer, videografer, periklanan dan sebagainya.

Cara Membuat Portofolio yang Menarik

Bagi anda yang masih awam atau ingin mencoba membuat portofolio ini, anda bisa mencoba membuatnya di beberapa platform online yang tersedia. Seperti dikutip dari EKRUT bahwa setidaknya ada beberapa website yang menyediakan fitur portofolio online yakni:

1. Behance

Behance jadi salah satu situs pembuatan portofolio yang populer. Pasalnya di Behance ini berbagai proyek kreatif bisa dibuat portofolionya.

2. Adobe portfolio

Berbeda dengan Behance, Adobe portfolio lebih membatasi bidang proyek yang dapat diupload dan dijadikan portofolio online. Bidang tersebut melingkupi fotografi, UI/UX Design, grafik design dan ilustrasi.

3. Carbonmade

Situs pembuatan portofolio online selanjutnya bisa anda coba buat di Carbonmade. Uniknya di situs ini anda dapat mengunggah file dengan format audio SD dan video. Selain itu, Carbonmade juga memiliki tampilan tema yang menarik.

4. WIX

Daftar terakhir situs yang menyediakan fitur portofolio online datang dari WIX. Sama seperti Behance, WIX juga menyediakan template portofolio yang terbilang lengkap mulai dari bidang bisnis, store, kreatif, komunitas hingga blog.

Mulai dari portofolio untuk arsitek, branding, art director, fashion, graphic design, ilustrasi, motion graphic, fotografi dan sebagainya. Selain itu, anda juga bisa menemukan inspirasi dari berbagai portofolio yang ada berdasarkan bidang yang anda tekuni tersebut.

Cara menggunakannya hanya dengan memilih tema portofolio yang diinginkan lalu klik edit, baru setelah itu anda bisa memasukkan konten ke dalam template portofolio yang diinginkan tersebut.

Baca juga: Contoh jawaban interview terbaik, “ceritakan tentang diri anda” 

Sebenarnya selain menggunakan empat situs di atas, anda juga bisa membuat portofolio yang layak di platform lain. Seperti contoh portofolio pekerjaan yang saya buat ini, dilakukan dengan menggunakan Canva.

Setelah memasukkan konten dan desainnya, saya bisa bisa menggunggahnya di blog pribadi yang saya miliki.
Untuk anda yang berprofesi sebagai videografer, anda juga bisa menggunggah hasil proyek video anda di YouTube pribadi yang dimiliki. Dengan begitu, anda hanya perlu memberikan link terkait video anda kepada perekrut.

Dengan berbagai kecanggihan teknologi saat ini, tidak ada kata sulit untuk membuat portofolio secara mandiri. Hal ini tergantung dari kemauan yang anda miliki.

Exit mobile version