Site icon Denai Cahaya Malam

5 Tips Menulis Artikel SEO Friendly untuk Blogger

5 Tips Menulis Artikel SEO Friendly untuk Blogger
Seorang blogger harus memahami bagaimana cara membuat SEO yang friendly, termasuk saya juga masih belajar hingga kini.
Tulisan SEO friendly tak hanya dapat dinikmati oleh pembaca tetapi juga membantu situs menaikan ratingnya di search engine atau browser.
Sumber: EKRUT
Lalu kira-kira bagaimana ya cara menulis SEO friendly? Menurut beberapa sumber yang saya dapatkan baik dari sumber dalam negeri maupun luar negeri, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat tulisan yang SEO friendly di antaranya:

1. Menambahkan Link ke Konten 

Tahukah kamu bahwa artikel yang memiliki link ke dalam tautan situs (internal link) atau ke luar tautan situs (backlink) jadi salah satu ciri artikel SEO Friendly.
Kenapa ini bisa terjadi? ini dapat membantu robot mesin melakukan crawling atau pengindeksan ke situs tersebut serta menambahkan informasi lain yang berharga bagi pembaca.
Tidak hanya itu, dengan menambahkan sumber tautan yang kredibel dari sebuah situs, akan membuat situs kamu lebih dipercaya oleh pembaca.
Sementara backlink dari luar yang mengarah ke situs kamu, akan membantumu berada di peringkat atas Google dan membuat nilai Domain Authority situsmu menjadi lebih baik.
Baca juga: Copywriter dan jenisnya di perusahaan

2. Optimalkan Panjang Tulisan Artikel

Mesin pencari ternyata menyukai situs dengan performa penulisan artikel yang panjang dan berkualitas.  Dimana artikel yang memiliki 1500 kata akan lebih banyak dioptimalkan oleh mesin pencari ketimbang artikel yang hanya memiliki beberapa ratus kata.
Hal ini karena artikel yang panjang akan menjawab rasa ingin tahu pembaca, sehingga dengan ulasan yang lengkap pembaca akan lebih lama berada di situs kamu dan pertanyaan mereka akan terjawab.
Kepuasaan pembaca untuk terus berada di situs dan membaca semua ulasan di artikel tersebut, pada akhirnya akan membuat nilai bounce rate situsmu berada dilevel rendah yang artinya itu bagus.
Sebab semakin lama mereka berada di situs, semakin banyak mereka betah mencari info.

3. Konten Mudah Dibagikan

Tips selanjutnya menulis artikel SEO yang perlu kamu tahu adalah situs harus memiliki fitur membagikan laman ke platform media sosial lainnya, seperti melalui WhatsApp, LinkedIn, Instagram, Twitter, Facebook dan sebagianya.
Semakin banyak orang atau dirimu sendiri membagikan artikel melalui kanal di atas, maka kemungkinan orang membaca artikel kamu juga semakin banyak.
Dengan begitu traffic website akan naik dengan banyak kunjungan dari visitor dan itu juga yang membuat peringkat website merangkak naik di SERP.
Baca juga: Cara Menjadi SEO Specialist dan Trennya di Masa Depan

4. Tulis Konten yang Berkualitas 

Dalam membuat artikel sebaiknya kamu tidak hanya berpatokan untuk disukai saja oleh robot mesin pencari. Melainkan juga harus mengutamakan kenyamanan pembaca.
Apakah mereka merasa puas dengan kualitas tulisanmu? dan apakah mereka terhibur dengan tulisan tersebut?
Perhatikan bahwa mesin pencari sangat menghargai konten yang isinya relevan serta berkualitas tinggi. Tentu biasanya konten seperti ini tidak diciptakan dengan plagiat ya. Konten orisinil dan nyaman untuk dibaca oleh audiens.

5. Tipe Judul dan Konten Listicle Lebih Baik 

Siapa sangka bahwa konten dan judul dengan format listicle atau memiliki daftar lebih disukai oleh mesin pencari dan audiens.
Umumnya tulisan listicle ini berisi banyak daftar angka atau bullet. Sementara bila di judul artikel biasanya menggunakan angka.
Tipe judul dengan format listicle ini dua kali lebih banyak dibagikan oleh pembaca karena menarik, sederhana dan mudah dipahami.
Contoh artikel dengan judul listicle misalnya,”3 Cara menghasilkan uang dari blog selain adsense”.
Dengan mengetahui lima tips membuat artikel SEO Friendly di atas, kamu dari sekarang mulai bisa deh mempraktikkan cara di atas, dengan konsisten dan pelan maka situsmu akan lebih baik di mesin pencari.
Exit mobile version