Site icon Denai Cahaya Malam

Hal penting yang harus kamu tahu tentang Virus Corona

Belakangan pembicaraan tentang Corona virus menjadi sering terdengar di telinga lantaran wabah ini sudah menjangkiti dunia.
Source: Business Today.com

Berawal sejak di penghujung Desember tahun lalu, hingga 3 bulan setelahnya Corona virus jadi ancaman seluruh masyarakat.

Semua orang rasanya berperang melawan penyakit mematikan tersebut. Berikut ini beberapa hal yang coba aku ceritakan terkait temuanku tentang Corona virus.

  • Virus Corona dapat bertahan diudara selama tiga jam 
Penularan Covid-19 tidak hanya melalui kontak fisik dengan penderita, tetapi juga bisa melalui udara. Ini kenapa? Lantaran virus tersebut bisa bertahan selama 3 jam di udara. 
Hal ini berdasarkan artikel yang dipublish oleh blog kesehatan harvard yang menyebutkan studi dari Laboratorium Virologi Institut Alergi dan penyakit menular Nasional di Hamilton menunjukan bila virus Corona ini dapat tetap ada diudara hingga 3 jam lamanya. 

Baca juga: Penyakit Penyebab Kolesterol Jahat dan Cara Mengatasinya

  • Virus Corona bisa bertahan lama di benda mati 
Tak hanya itu, dalam artikelnya Harvard juga menyebutkan bahwa virus ini bisa bertahan cukup lama dalam benda mati, seperti: 
  • Virus Corona dapat bertahan di kardus selama 24 jam 
  • Virus Corona dapat bertahan di tembaga selama 4 jam 
  • Virus Corona dapat bertahan selama 2-3 hari di permukaan stainless steel dan plastik 
  • Virus Corona dapat bertahan di alumunium 2-8 jam 
  • Virus Corona dapat bertahan di kertas selama 4-5 hari
  • Virus Corona dapat bertahan di kaca selama 4 hari 
  • Virus Corona bisa bertahan di kayu selama 4 hari
Lantaran lamanya virus ini bertahan disuatu benda, maka di anjurkan sekali bagi kamu untuk sering-sering membersihkan benda tersebut dengan menggunakan disifektan.
Disinfektan itu seperti apa dan apakah bisa membuatnya sendiri? Tentu bisa. Bila melihat dari postingan Unilever di Instagramnya, kamu bisa ko membuat disinfektan sendiri, caranya adalah dengan mencampurkan 10 sendok makan wipol dengan 1 liter air. 
Lalu setelah itu semprotkan pada bagian benda yang sering disentuh, diamkan 5 menit baru kemudian di lap. 
  • Tingkatkan daya tahan tubuh
Perlu kamu tahu pula bahwa, virus ini mungkin bisa bertahan lama diberbagai benda akan tetapi saat virus ini masuk ke tubuh kita, tubuhpun akan memberikan perlawanan. Siapa saja yang memiliki imunitas tubuh yang baik, maka dia akan menang melawan Corona virus ini.
Lalu bagaimana sih caranya membangun imunitas tubuh di tengah virus Corona? Caranya berdasarkan artikel dari EKRUT tentang cara meningkatkan daya tahan tubuh karyawan, diketahui bahwa: 
  1. Olahraga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Tentunya olahraga itu bisa kamu lakukan di dalam rumah baik dengan cara yoga, atau pun work out melalui Youtube. 
  2. Tidur cukup untuk orang dewasa selama 7-9 jam juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan virus serta bakteri 
  3. Mengonsumsi vitamin, dalam hal ini vitamin D lantaran vitamin D dapat bermanfaat membunuh kuman, bakteri dan virus. Nah kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin D gratis melalui sinar matahari di pagi hari
  4. Konsumsi minuman herbal, seperti minuman jahe merah, kencur, wedang ronde dan sebagainya. Dimana aku pun kala demam cocok juga menggunakan minuman tersebut dan langsung sembuh.

Baca juga: Si Hijau yang menyegarkan sekaligus Menyembuhkan

Itulah beberapa temuan kecil yang berhasil aku temukan tentang virus Corona. Aku berharap Indonesia bisa melewati ujian ini bersama-sama. 
Dan jangan lupa bagi kamu untuk tetap menjaga kesehatan, kebersihan dan rajin mencuci tangan dengan sabun. 
Exit mobile version