Site icon Denai Cahaya Malam

Tips interview bahasa Inggris

Interview kerja dalam bahasa Inggris bagi sebagian orang terdengar menakutkan. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui tips interview bahasa Inggris.

Melalui interview kerja bahasa Inggris perekrut ingin mengetahui sejauh mana penguasaanmu terhadap bahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Tapi tenang, lewat tips interview bahasa Inggris berikut ini, setidaknya kamu bisa mulai menyiapkan diri untuk menghadapi wawancara kerja tersebut.

Source: Breakthru


1. Melakukan observasi bidang pekerjaan yang dilamar


Langkah awal yang perlu dipersiapkan sebelum interview bahasa Inggris adalah melakukan penelitian terkait bidang yang kamu lamar.

Ketahui seluk beluk bidang tersebut, divisi mana kamu bekerja, hingga ruang lingkup dan deskripsi pekerjaanmu.

Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan observasi juga terhadap perusahaan yang kamu lamar, dan mengetahui di industri mana perusahaan tersebut bergerak.

Semua ini berguna agar kamu dapat mengumpulkan kosa kata dalam bahasa Inggris, yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar sebelumnya.

Baca juga: Interview kerja di Wilmar Indonesia

2. Persiapkan pertanyaan interview kerja bahasa Inggris dan berlatihlah

Beberapa hari sebelum interview kerja, sebaiknya kamu mulai membuat naskah singkat bahasa Inggris yang isinya seputar jawaban yang mungkin muncul dari pertanyaan perekrut. Adapun tips untuk menjawab pertanyaan interview bahasa Inggris adalah:

  • Jawablah interview dengan singkat dan padat
  • Ceritakan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar
  • Hindari menceritakan tempat lahirmu
  • Hindari menceritakan hobi bila tidak ditanyakan
  • Hindari menceritakan jumlah anggota keluarga
  • Hindari menggunakan bahasa Inggris non-formal 


Contoh pertanyaan interview kerja bahasa Inggris

1. Pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh perekrut biasanya berkaitan dengan kekuatan diri sendiri. Di bagian ini perekrut ingin mengetahui sisi positifmu yang bisa dikaitkan dengan kandidat yang dicari.
Contoh jawaban dari pertanyaan “What are your strengths?”

I’m a punctual person. I always arrive early and complete my work on time. My previous job had a lot of deadlines (time when you must finish something by) and I made sure that I was organized and adhered to (respected) all my jobs.

Baca juga: Interview kerja PT Immobi

Ulasan selengkapnya terkait tips interview bahasa Inggris bisa kamu lihat lewat artikel ini. 

Exit mobile version