Site icon Denai Cahaya Malam

Hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum menerima tawaran kerja

Banyak orang terkadang merasa bingung saat menerima tawaran kerja. Padahal keputusan untuk bekerja di suatu perusahaan itu harus dipikirkan secara matang.

Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan dan perusahaan yang cocok untuk karier di masa depan. Nah untuk menjawab kebingunganmu itu, coba perhatikan hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum menerima tawaran kerja. 

Source: Ziprecruiter

1. Pilih perusahaan yang cocok 

Salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum menerima tawaran kerja adalah melihat apakah perusahaan itu cocok dengan yang kamu inginkan.

Agar kamu dapat menemukan perusahaan yang cocok lakukan beberapa hal berikut. Cari tahu informasi mendalam terkait perusahaan tersebut, seperti:

  • Mengetahui sejarah perusahaan agar kamu dapat mengetahui pergerakan bisnis perusahan dari masa ke masa
  • Mengetahui CEO dari perusahaan tersebut, sebab sosok CEO memberi pengaruh terhadap budaya perusahaan dan penghargaan karyawan
  • Mengetahui kebijakan cuti dan hari libur di perusahaan tersebut
  • Mengetahui pesaing dari bisnis perusahaan 
  • Mengetahui atasan dan rekan kerja untuk mengetahui apakah kamu cocok bekerja dengan mereka atau tidak

Baca juga: Tips interview bahasa Inggris

Selain mencari tahu di internet, kamu juga dapat bertanya langsung kepada perekrut saat interview untuk membantumu mendapatkan informasi terkait perusahan itu. Adapun bentuk pertanyaannya seperti, 
  • Kegiatan apa yang ditawarkan perusahaan untuk mendorong kinerja karyawan?
  • Apa prestasi terakhir yang didapatkan oleh perusahaan?
  • Ada berapa banyak karyawan dalam suatu perusahaan?

Nah, biasanya dari pengumpulan informasi di atas kamu pun bisa menyimpulkan citra perusahaan tersebut. Dengan begitu kamu  dapat menentukan apakah perusahaan itu cocok dengan yang kamu inginkan atau tidak.

2. Pertimbangkan  kompensasi

Hal yang harus kamu pertimbangkan  sebelum menerima tawaran kerja yang lain adalah dengan melihat kompensasi. 
Kompensasi adalah segala sesuatu yang diterima oleh pegawai dari perusahaan.  Bentuknya bisa berupa gaji, bonus, premi, asuransi, insentif, dan lain-lain.
Saat perekrut menawarkan pekerjaan, kamu harus memikirkan tentang besarnya kompensasi ini. Pasalnya, semakin besar kompensasi yang kamu terima, maka semakin besar kepedulian perusahaan terhadap karyawan.
Diawal, kamu bisa melakukan negosiasi kenaikan gaji sekitar 15 persen hingga 25 persen setiap berpindah kerja ke perusahaan baru. Tentunya kenaikan gaji itu di luar dari kompensasi lainnya.

3. Pertimbangkan lokasi kantor

Hal lain yang harus kamu pertimbangkan sebelum menerima kerja lainnya adalah mempertimbangkan jarak kantor dari rumahmu. 
Pasalnya kantor yang jauh akan mudah membuatmu stress, mengeluarkan banyak anggaran, dan tidak efisien untuk ditempuh. 
Ada baiknya kamu memilih kantor yang dekat dengan rumah atau tempat tinggalmu. Atau kamu mungkin bisa mengantisipasi hal itu dengan memilih kosan atau apartemen, tapi dengan biaya sendiri tentunya.

4. Cari tahu faktor memotivasi kerja 

Ketika kamu sudah cukup maksimal mengumpulkan informasi, tentunya kamu akan memiliki kecenderungan untuk memilih menerima atau menolak tawaran kerja.

Baca juga: Surat cinta untuk HRD

Artikel selengkapnya, bisa kamu baca di sini . Melalui platform EKRUT kamu juga bisa mendapatkan informasi lengkap lainnya seputar karir. 
Exit mobile version