Site icon Denai Cahaya Malam

Ragam Proses Interview di Beberapa Perusahaan

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang proses wawancara / interview yang telah saya lewati di beberapa perusahaan. Adapun perusahaannya yaitu perusahaan media, perusahaan PR (Public Relation) hingga perusahaan game.
Sumber: Google

Kenapa berbeda beda? Karena fokus saya selama mencari pengalaman kerja tidak hanya berpatok di bidang jurnalis tetapi juga di bidang konsultan, content writer, skripwriter, assistant supervisor, admin social media, call center bahkan customer service. Namun hingga saat ini rejeki dari langit belum memanggil saya untuk menemukan pekerjaan yang cocok. Berikut beberapa perusahaan tersebut :

1. Trinaya Media Bloomberg TV perusahaan yang bergerak dalam bidang majalah seperti majalah kartini, elle dll kini mencoba peruntungan dengan membuat perusahaan televisi, yang dimana bloomberg tv sendiri merupakan perusahaan tv milik USA yang berisi tentang konten perkembangan ekonomi dan saham. Proses interview  langsung dengan user dengan proses yang mudah sekadar ngobrol bertukar opini tentang perkembangan media massa saat ini, menanyakan tentang berita baru terupdate serta pengalaman dan kegiatan selama belum bekerja. Durasi proses interview kurang lebih sekitar 15 menit mengingat banyak juga yg di interview saat itu. Proses menunggu konfirmasi di terima/ gagal selama 2 Minggu. Dan saya kebetulan di telpon kembali oleh HRD nya hanya sayangnya saat itu Hp saya tidak aktif sehingga tdk menerima informasi secara lengkap dan  ketika saya coba tanya kan lagi via sms HRD sudah tidak memberi saya informasi, akhirnya di biarkan gagal begitu saja.

Baca Juga: Proses Interview dan Psikotes di Detik.com

2. Mediatrust salah satu perusahaan yang bergerak dalam jasa konsultasi public relation bagi perusahaan yang ingin / akan menerapkan pelatihan kehumasan dalam perusahaannya.Interview untuk posisi Junior Consultant. Pada saat itu yang di wawancara dalam proses interview hanya sedikit. Prosesnya cukup sulit karena bidang yang ditanyakan menyangkut bidang Pr yg bukan sama sekali bidang yang saya kenal 100%, selain itu harus fasih berbahasa Inggris meskipun saya rasa HRD usernya juga tidak terlalu fasih dalam berbicara bahasa Inggris. Setelah beres interview di berikan tugas sebanyak 6 buah artikel untuk meringkas berita kedalam bahasa Inggris dan dua lainnya membuat press realease dalam bahasa Inggris. Proses menunggu dari interview ini selama 2 Minggu dan masih kurang beruntung
3. MP Games perusahaan pembuat aplikasi babe dan website jalantikus.com untuk bagian Content Writer, ada dua tahap interview namun karena berhubung proses interview berlangsung sore hari  sedangkan yang peserta yang di interview banyak sehingga hanya melewati satu tahap proses interview yakni test psikotes gambar bangun. Sedangkan tahap interview  dengan user gagal karena tidak ada kabar setelahnya.

Baca Juga: Proses Interview di Perusahaan Kelapa Sawit Wilmar

4. Dream.co.id anak perusahaan dari media KLN (Kapanlagi network.com) dibagian reporter. Proses interview di dream cukup mudah sebatas sharing pengalaman serta menegaskan cara kerja di dream. Menegaskan tentang kemauan menjadi seorang jurnalis serta resiko yang di alami seorang jurnalis. Pada tahap interview inilah saya merasa mendalam karena pembicaraan sudah mengarah pada gaji, tunjangan, proses kerja, dll. Setelah proses interview tersebut di lanjutkan dengan test tulis yang diambil dari transkip wawancara yang harus di rubah menjadi berita serta mentranslitkan berita dari bahasa Inggris kedalam bahasa Indonesia. Proses menuggu gagal/ lolos selama 1 minggu terhitung dari tanggal 10/02/2017. Dan sekarang saya masih menunggu kabar baik tersebut setelah banyak kegagalan saya lewati. Semoga rejekinya disana. 

Exit mobile version