Site icon Denai Cahaya Malam

Arie Lestari gigih Membumikan One Day One Juzz (ODOJ)  

Bagi anda kaum muslimin mungkin sudah tidak asing mendengar kata ODOJ (One Day One Juz), komunitas yang memfokuskan diri untuk membaca 1 Juz alquran dalam satu hari. Arie Lestari salah satu member sekaligus admin yang tergabung dalam komunitas ini mengaku bahwa kebiasaannya membaca alquran pada bulan ramadahan ingin di konsistenkan oleh dirinya pada bulan lainnya.  Bergabung sejak Oktober 2013 lulusan IPB ini mengatakan bahwa kewajiban dan tanggung jawab untuk menyelesaikan satu juzz yang menjadikan ODOJ berbeda.
Sumber: Dokumen Pribadi

Menurutnya berkat adanya ODOJ, kini juga bermunculan berbagai komunitas sejenis seperti One Day One Ayat (ODOA) serta komunitas alquran lainnya. Bahkan saat ini ODOJ sudah lebih membumi dan lebih banyak memiliki grup Whatsapp sekitar 12 grup. Selain saling berbagi kebaikan untuk mempromosikan membaca alquran sebanyak 1 Juzz perhari dari grup ini juga banyak member ODOJers  yang mendapatkan jodoh, hingga menikah. 

Salah satu trik yang di pakai oleh Arie Lestari untuk bisa merampungkan 1 Juzz perhari adalah dengan menggunakan secara efisien waktu yang dirasa longgar “saya biasanya lebih banyak membaca Al Quran saat di perjalanan, misalnya di angkot atau di kereta,apalagi waktu dan jarak tempuh antara rumahnya di Tangerang menuju kantor di Bintaro atau kampus di Lenteng Agung bisa menjadi ladang kesempatan untuk saya membaca beberapa halaman Al Quran”  Ungkapnya saat di temui di kawasan Mall Kota Kasablanka (02/05).

Baca juga, Bumi yang Mulai Mengeluh

Adapun hambatan yang biasa di rasakan oleh setiap member ODOJ adalah menyempatkan diri dan konsisten untuk membaca alquran sampai rampung. Mengingat setiap latar belakang member berbeda-beda ada dari kalangan rumahtangga, pelajar bahkan professional.
Jika tidak memungkinkan rampung dalam satu hari Arie biasanya melelang juzz-nya namun, untuk menjaga konsistensi serta komunikasi keringanan berupa lelang Juzz ini di hentikan. Bahkan bagi anda yang sedang haid bisa tetap melakukan ODOJ lewat membaca murotal atau terjemahannya saja.  –sumber : dream.co.id berdasarkan hasil transkip wawancara
Exit mobile version