Site icon Denai Cahaya Malam

Jenis-jenis Televisi dari Analog Hingga Digital

Jenis televisi

Salah satu sumber hiburan yang bisa dinikmati sendiri maupun bersama keluarga adalah menonton televisi. Gambaran benda yang satu ini kebanyakan berupa layar datar yang dapat menampilkan berbagai macam program siaran dan bisa kamu pindahkan channelnya hanya dengan remote.

Sayangnya, sebelum secanggih itu barang elektronik ini mengalami evolusi. Hal itulah yang membuatnya memiliki berbagai jenis televisi televisi mulai dari yang sederhana hingga rumit. Berikut beberapa macam televisi yang dapat kamu ketahui.

Jenis Televisi dari Masa ke Masa

1. TV Analog

TV Analog menggunakan gelombang radio berbentuk tube atau tabung atau CRT (Cathode Ray Tube) yang signalnya dipancarkan hingga berwujud suara dan gambar. Kelemahan Analog TV biasanya terletak pada hasil terima yang terlihat kurang sempurna. Tampilan yang dihasilkan dari Analog TV berkedip-kedip dengan kualitas gambar menjadi turun atau tidak jernih.

2. TV Digital

TV Digital atau DTV adalah transmisi sinyal yang menggunakan kode 01. Pada penyiaran on air, DTV dipancarkan menggunakan Ultra High Frequency (UHF) dengan spektrum radio mulai dari 6 MHz. Setingkat lebih baik jika dibandingkan dengan Analog TV.

Baca Juga: Pengertian Teknologi Menurut Bahasa Yunani dan Latin

3. HDTV

HDTV adalah bagian dari standart yang ditetapkan untuk DTV. Standart tersebut berkaitan dengan bagaimana audio dan video itu dapat diterjemahkan dan ditransmisikan.

HDTV merupakan pengembangan dari Digital TV dengan mengutamakan aspek audio dan video (Resolusi) yang dihasilkan mempunyai tingkat lebih tinggi makanya disingkat dengan H (High).

4. LED TV

LED TV sangat berkaitan dengan LCD TV dan PLasma TV. LED TV adalah  pengembangan dari  LCD TV dimana jenis ini menggunakan LED Backlight sebagai pengganti cahaya fluorescent yang digunakan pada jenis LCD TV sebelumnya.

Exit mobile version